ice cream
Banyak mitos menyebutkan bahwa eskrim dapat menyebabkan gemuk. Namun sebenarnya, dibalik itu terdapat banyak sekali manfaat eskrim. Selain komposisinya yang memang penuh dengan nutrisi seperti protein dan lemak yang ternyata hanya sebesar 10% dari kebutuhan lemak tubuh perhari, gula dan susu yang terkandung di dalamnya pun sebesar 110-130 kalori untuk tiap 100 gram eskrim merupakan bahan yang saat ini dianggap sebagai penyebab kegemukan.
Mitos lain menyebutkan bahwa eskrim merupakan salahsatu penyebab batuk dan pilek, hal ini pun juga perlu dipertanyakan. Karena lelehan eskrim yang masuk kerongkongan akan mengalami perubahan suhu oleh karena penyesuaian dengan suhu tubuh. Selain juga dikatakan bahwa eskrim coklat sebagai penyebab kerusakan gigi (karies). Sebenarnya kerusakan gigi disebabkan tidak oleh eskrim namun karena sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan. Untuk itu perlunya membersihkan gigi dengan sikat dan pasta setelah mengkonsumsi eskrim ataupun makanan lainnya. Bahan dasar eskrim adalah susu yang memiliki kandungan vitamin A, C, dan D. Kandungan kalsium yang tinggi pada eskrim juga bermanfaat untuk pembentukan tulang yang kuat dan pencegahan penyakit osteoporosis.

Memakan eskrim saat sakit juga sering menjadi larangan bagi sebagian orang. Meskipun hal ini tidak sepenuhnya benar, dikarenakan saat sakit tubuh memerlukan banyak air sebagai penyedia cairan tubuh. Yang sebenarnya tidak boleh adalah, bahwa saat orang mengalami radang tenggorokan, asma dan amandel, karena suhu tinggi dapat membuat penyakit tersebut kambuh.

Dengan fakta demikian maka sebenarnya eskrim banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Hanya saja jumlahnya yang perlu diatur, karena memakan eskrim berlebihan tentunya akan menyebabkan penimbunan gula, dan lemak secara berlebihan terlebih bila tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup. (wd)

Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

Agunx Agoenx mengatakan... 21 Maret 2012 18.56

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

 
Top