isibbm

Kenaikan harga BBM Premium sebentar lagi ditentukan. Maka tak pelak masyarakat yang beberapa waktu sebelumnya memborong dengan jumlah besar, hari ini diperkirakan akan meningkat jumlahnya. Hal tersebut tentunya memicu keprihatinan, sekaligus mendorong kita untuk berhemat. Alih teknologi pada kendaraan untuk dapat menggunakan bahan bakar alternatif tentu sangat mungkin untuk dilakukan, meskipun butuh waktu dan biaya. Namun, bagi Anda yang sementara ini masih belum bisa menerapkannya, beberapa tips dibawah ini mungkin layak untuk dicoba guna mengurangi pengeluaran BBM Anda sekaligus memberi kenyamanan dan keamanan ketika berkendara.

Ban dan Roda
Tekanan ban pada kendaraan harus diperhatikan karena ban adalah media yang langsung bersinggungan dengan jalan, sehingga akan menjadi hambatan apabila tekanan ban kurang. Hal ini tentunya akan membuat mesin bekerja ekstra dan berkaitan dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang tentu akan lebih banyak. Selain itu bearing roda ataupun kondisi velg dioptimalkan minim hambatan. Kekurangan pelumas atau karat akan menyebabkan perputarannya menjadi berat, sehingga menyebabkan mesin bekerja terlalu keras.

Mesin, pelumas dan busi
Kondisi mesin prima merupakan salah satu faktor yang menentukan tingkat konsumsi BBM. Pelumas yang baik akan membuat mesin bekerja lebih optimal sehingga kendaraan dapat melaju lebih cepat namun dengan konsumsi bahan bakar yang hemat, penggantian pelumas secara rutin dengan jenis yang tepat sangat dianjurkan untuk menjaga kestabilan mesin kendaraan Anda. Tanyakan kepada mekanik mengenai jenis pelumas yang sesuai dengan mesin kendaraan Anda.

Busi merupakan salah satu organ pengapian mesin kendaraan Anda. Jenis dan ukuran busi disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter mesin kendaraan. Busi untuk kendaraan standar berbeda dengan kendaraan balap. Selain itu busi juga dapat berpengaruh dengan sistem pembakaran kendaraan. Hal ini yang juga menentukan tingkat konsumsi bahan bakar Anda. Penggunaan busi efektif biasanya adalah untuk 6000-7000 km sebelum busi tersebut layak untuk diganti. Ketika kinerja busi sudah menurun, seringkali teknisi kendaraan akan menyarankan untuk melakukan penggantian. Pastikan busi dalam keadaan baru dan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Karburator dan filter kalburator
Service kendaraan biasanya juga termasuk servis karburator. Kalburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin, sehingga kebersihan karburator menjadi penting untuk memaksimalkan kinerja mesin. Sumbatan pada saluran bensin karena debu ataupun kotoran, sekrup udara ataupun pilot screw harus dihindarkan sehingga arus bensin dan udara menjadi lancar.

Pembersihan filter kalburator untuk jenis viscous element bisa dilakukan dengan penggantian. Karena filter ini tidak mampu menahan angin bertekanan sebagaimana cara pembersihan manual dan akan dapat melunturkan pelumas yang berfungsi sebagai penangkap debu.

Kebiasaan hemat saat berkendara
Kondisi kendaraan yang baik tentu harus diimbangi dengan cara berkendara yang baik. Penghematan bahan bakar tidak akan bisa dilakukan jika cara berkendaranya masih boros bahan bakar. Teknik membuka dan menutup gas hendaknya harus disesuaikan dengan putaran mesin, sehingga jangan membuka gas terlalu besar, namun tenaga mesin masih rendah.

Engine brake sangat penting untuk keselamatan. Namun dalam proses penghematan bahan bakar. Teknik pengereman ini seperti memaksa musin berputar, namun daya yang dihasilkan tidak optimal. Sehingga perlu untuk mengimbangi dengan pengereman, sehingga mesin tidak akan dipaksa berputar. Selain itu jangan membuka gas sambil mengerem. Sekali lagi ini menyebabkan rpm dan torsi mesin tidak keluar secara maksimal. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, namun tertahan oleh hambatan rem. Pembakaran pun menjadi sia-sia.

Beberapa tips diatas mungkin layak Anda coba sambil tentunya berusaha mencari bahan bakar alternatif, merencanakan setiap perjalanan Anda dengan mencari jalur alternatif atau mengurangi penggunaan kendaraan dan beralih ke moda transportasi yang ramah lingkungan. Selamat mencoba! (wd)

Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

Anonymous mengatakan... 30 Maret 2012 09.08

susah klo bbm naik. semuanya ikut naik... makasih tipsnya

 
Top