Cara membuat Google Custom Search Engine (Pencarian Kustom Google) ini hasil praktek sebagai mana saya posting di Fasilitas Pencarian dengan Google Custom Search Engine. Untuk membuat Google Custom Search Engine (atau diterjemahkan juga sebagai Google Penelusuran Ubahsuaian), ikuti langkah-langkah berikut:

a. Login dengan menggunakan Google Account. (Jika belum mempunyai Google Account, lakukan registrasi lebih dahulu).
b. Masuk ke Google Custom Search Engine dengan alamat di http://www.google.co.id/cse
c. Lalu konfigurasikan mesin penelusur Anda.

Setting Google Custom Search
Lakukan konfigurasi mesin pencari yang akan dibuat dengan mengisi kolom-kolom yang tersedia. Mulai dari nama, deskripsi, bahasa, situs yang akan ditelusuri (bisa satu situs atau beberapa situs sekaligus). Lalu geser ke bawah dan pilih edisi (ada 2 pilihan, gratis atau yang berbayar), kalau saya pilih yang gratis dan jangan lupa beri contreng pada persetujuan layanan.

d. Setelah terisi semua klik tombol “lanjut” di bagian bawah.
e. Lalu pilih tampilan, klik yang anda sukai dan akan ditampilkan preview di bawahnya.
f. Klik “lanjut” di bagian bawah

Terbuka halaman baru (Dapatkan kode)

Di sini disediakan kode javascript untuk meletakkan kolom Google Custom Search Engine yang bisa diletakkan di side bar blog.

Sampai di sini proses pembuatan fasilitas pencarian di blog kita telah jadi. Untuk blog yang mendukung javascript dapat langsung menyalin kodenya dan memasangnya di sidebar. Namun untuk blog/situs yang tidak support javascript (misal:wordpress.com) belum bisa langsung dipasang namun harus menambahkan beberapa kode tambahan, besok saya lanjutkan artikel khusus untuk membuat pencarian google custom search pada wordpress.com.

Sekian.

*** 


Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

Obat kanker mengatakan... 2 Juni 2012 04.23

makasih tipsnya ya... kunjungi balik webku ya...

Blog Teknik IT mengatakan... 29 Desember 2012 12.21

kok hasil pencariannya ada di sidebar jg y?

 
Top