Bagi orang jawa mengetahui weton amatlah sangat penting, Karena weton sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu Faktor yang paling penting kegunaan mengetahui weton adalah sebagai hitungan saat akan melangsungkan pernikahan. Jumlah weton bisa diketahui dari hari lahir serta pasaran, rata rata orang jawa tahu hari lahir serta pasaran bahkan sampai ke yang lebih detail biasanya di catat oleh orang tuanya.


Cara Menghitung Weton Jawa
Cara Menghitung Weton Jawa
Di artikel ini saya akan mencoba membantu anda mengetahui jumlah weton sesuai hari lahir dan pasaran. Cara menghitung weton sangat gampang, kita tinggal menambahkan nilai hari lahir di tambah nilai pasaran kelahiran kita.

Di bawah ini saya berikan nilai masing-masing hari dan pasaran sesuai hitungan jawa.

NILAI HARI KELAHIRAN

SENIN = 4
SELASA = 3
RABU = 7
KAMIS = 8
JUMAT = 6
SABTU = 9
MINGGU = 5

NILAI PASARAN JAWA

PON = 7
WAGE = 4
KLIWON = 8
LEGI = 5
PAHING = 9

Cara Menghitungnya:

Anda hanya tinggal menambahkan nilai diatas + nilai dibawah, yaitu nilai Hari ditambahkan nilai Pasaran.


Contoh: 

Jika anda lahir di hari Ahad Kliwon maka weton anda mempunyai nilai 13.
Angka 13 berasal dari nilai hari Ahad = 5 ditambah nilai neptu Kliwon = 8.

Hasil dari penjumlahan nilai hari dan nilai pasaran itulah weton anda, sekarang tinggal anda gunakan weton anda untuk menghitung/merumuskan apa yang anda mau ramalkan, misal mau digunakan untuk menghitung perjodohan berdasar weton jawa, Meramalkan karakter dan sifat manusia berdasar weton Jawa, dan sebagainya.


Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

riendoe chipruddz mengatakan... 19 September 2012 21.55

bagaimana bila jatuh pada itungan 29.....

suwun/./

wahyu winoto mengatakan... 20 September 2012 03.09

Maksudnya 29 gmn pak?
Gak mungkin weton kita 29, paling maksimal 18 (jika lahir sabtu pahing)

wahyu winoto mengatakan... 22 September 2012 05.39

Klo lahir hari minggu kyknya akan baik menikah dg org yang lahir hari rabu atau hari jum'at.
Untuk lebih tepatnya jika anda sdh ada calon dan mengetahui wetonnya, jd ntr bisa kita hitung bgmana hasilnya menurut primbon.

Anonim mengatakan... 8 Oktober 2012 11.02

SAYA MAU TANYA..TGL LAHIR SAYA 11 OKTOBER 1994 DAN PSANGAN SAYA 02 MEI 1993..MENURUT DARI SEGALA PERHITUNGAN,APAKAH KAMI COCOK JIKA AKAN MELANGSUNGKAN PERNIKAHAN?
TLONG jwab lengkap..trims

Anonim mengatakan... 18 Oktober 2012 00.37

tolong dihitungkan
lahir saya 17.06.91
lahir pasangan saya 28.11.93
tolong dihitungkan apabila saya mw melangsunkan pernikahan
tks

Anonim mengatakan... 19 Oktober 2012 17.27

jika jmlh weton sya n psngn sya 30 gmn hitunganny kan sisanya = 0? ty

Anonim mengatakan... 29 Oktober 2012 13.30

tlong d.hitungkan..
weton saya rabu wage dan psangan saya senin pahing,
jika melangsungkan pernikahan apakah cocok?
trims

ari famuji mengatakan... 11 November 2012 06.00

kalau mau mengetahui weton dari tanggal 1 agustus 1993.
Rumus matematis-nya bagaimana mas?

zaropmk mengatakan... 11 November 2012 21.12

Mohon ......perhitungannya..saya lahir03-10-1974 dan istri17-09-2978 dan mohon petunjuknya untuk mengatasi dan menghadapi segala macam rintangan,krn setiap rintangan saya yakin ada solusi selain meminta serta berdo'a kepada tuhan.trims,,,,,ini bagus karena budaya leluhur yang perlu dipetyahankan.

Shasha May mengatakan... 16 November 2012 12.01

kenapa ya kok banyak sekali itungannya. kenapa juga dari masing-masing itungan itu kok ada yang bertolak belakang. misalnya dihitung berdasarkan neptunya bagus, tetapi dilihat dari hari pasarannya kok miskin, ada juga yang kemudian punggel alias ditinggal mati pasangan. sebenernya yang jadi patokan itu yang mana?

vionita ekipermana mengatakan... 17 November 2012 14.39

30 juli 1986 mau tanya weton nya hari apa ? Y
makasih

Anonim mengatakan... 20 November 2012 23.59

askum, saya Heru(suami)mempunyai weton kamis kliwon dan istri saya minggu legi. Yang saya tanyakan tentang keluarga saya kedepannya bgaimana dan gonjang-ganjing kehidupan kayaknya kok banyak hambatan, Tolong saran dan nasehatnya, Trims.

Anonim mengatakan... 10 Desember 2012 12.33

Salam kenal...
Tanya yaa!!
Bwt weton minggu pon apa bagus di sanding dgn rabu kliwon atau jumat pahing?

Anonim mengatakan... 12 Desember 2012 05.30

untuk melihat pasaran jawa di tahun 1988
tanggal 22 bulan agustus gmn caranya yach...?

Anonim mengatakan... 18 Desember 2012 09.57

jam kelahiran apakah berpengaruh pada pasaran?
sya lahir jm 23.15 09021990.
tolong beri tahu apa pasaran sya..
mater nuwun

mevira mengatakan... 23 Desember 2012 21.02

om weton saya rebo wage sedangkan suami saya kemis legi trs yg ingin saya tanyakan bagaimana kehidupan rumah tangga saya ,terutama perekonomian km

mevira mengatakan... 23 Desember 2012 21.10


om weton saya rebo wage sedangkan suami saya kemis legi trs yg ingin saya tanyakan bagaimana kehidupan rumah tangga saya ,terutama perekonomian km

mpik. mengatakan... 23 Desember 2012 22.56

pasangan kamis kliwon ( L ) dan rabu kliwon ( P )
yang saya tanyakan bagaimana hasil ramalan rumah tangga kami. tq

Armon Gitu!! mengatakan... 6 Januari 2013 15.19

Assalamu'alaikum, maaf apa pengaruhnya ya, dengan hitungan jawa ini.. keluarga saya masih mempercayai ini semua, klo menurut aku ini pengaruh di sugesti aja, klo kita meyakini maka akan benar, cuman klo kita ga meyakini maka akan salah.. tapi menurut saya yang pasti dari diri kita sendiri ajalah kepada Allah...

Terimakasih

yonnia mengatakan... 10 Januari 2013 09.27

mohon dihitungkan jika kelahiran saya 12.07.1988 dan pasangan 30.05.1987,dan untuk menikah pada bulan syawal bagusnya pada tgl berapa?mohon dijawab dg lengkap.
terimakasih sebelumna.

Anonim mengatakan... 12 Februari 2013 16.30

Pak Wahyu Noto, saya mau nanya............
Saya sama pasangan saya Neptunya sama senin pahing, itu bagaimana ya sisi baiknya apa trus sisi jeleknya apa, kalau sisi jelek ada solusi utk mengatasi apa tidak, suwun

Anonim mengatakan... 12 Februari 2013 19.41

mlm pak..mau tnya saya lahir tgl 3 feb 83 wetonnya ap y pak,mksih..

Anonim mengatakan... 15 Februari 2013 20.56

pak saya mau tanya.. tadi saya buka di google primbon tentang ramalan saya dan istri saya disitu tertulis saya harus melakuan ritual menimbun tanah maksudnya gimana pak? tolong infonya. trimakasih

Anonim mengatakan... 23 Februari 2013 22.46

mlm pak mau tanya neh...
kata orang tua saya,saya lahir hri selas legi dg tgl 16-10-1989,tpi wktu saya cek di primbon tgl16-10-1989 tu bukan selasa legi melainkan senin pahing.begitu juga dengan suami saya kata mertua saya suami sya lahir hari selasa kliwon dg tgl 29-06-1990 tapi wktu lihat primbon tgl itu jatuh dihari jumat pon.ini bagaimana solusinya pak biar kita bs ngitung dg peretungan jawa.trimakasih...

Anonim mengatakan... 5 Maret 2013 22.08

bagaimana kalo weton ketemu dengan angka yang sama 9 dengan 9.

Anonim mengatakan... 7 Maret 2013 20.13

bukannya jodoh, rizqi, hidup, mati itu rahasia TUHAN ya ?
apakah bisa, dengan memilih tanggal lahir tanpa berusaha dan bekerja keras kelak menjadi orang kaya ? atau sebaliknya, yang berusaha dan bekerja keras akan tetap miskin hanya karena perhitungan hari lahir ?

Anonim mengatakan... 7 Maret 2013 21.15

bagaimana kalo laki-laki Kamis wage Perempuan Selasa wage....

erveyn mengatakan... 8 Maret 2013 11.32

kalo saya perempuan dan weton jumat pahing,, weton apa yg cocok kira2?

andri ongkowijoyo mengatakan... 13 Maret 2013 14.20

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Anonim mengatakan... 14 Maret 2013 00.33

klo yg laki sabtu kliwon perempuan nya minggu wage bgmn pak, mohon dijelaskan baik buruk nya bt ke dpn nya... trima kasih

yogi putra mengatakan... 20 Maret 2013 09.07

pak.. saya (L) mau tanya saya lahir hari sabtu paing (P) saya lahir jum'at pon gimana cara baik nya.

ayo speedynan mengatakan... 22 Maret 2013 07.51

saya 12 01 1979 dan pasangan saya 21 10 1979 kira2 bagaimana nasib ke depan..?tq

Anonim mengatakan... 24 Maret 2013 07.46

pak tanggal lahir saya 25 05 1990 hari dan weton saya apa ya?? terima kasih

Anonim mengatakan... 29 Maret 2013 09.05

Senin wage apa watak?

Dayat Tea mengatakan... 2 April 2013 18.15

klo mau cari jodoh , cari lah weton kita dgn pasangan kita bila di jumlahkan hasilnya GANJIL ,

Anonim mengatakan... 9 April 2013 23.51

pak tlong hitungkan

saya 27 maret 1986
psngan saya 10 oktober 1986

hari lahir
saya jumaat
psgan sy selasa

hitungkan weton dan baik buruk.y dlm rumah tangga mksih

hsil.y kirim ke email saja pak
(budianto359@gmail.com)

Anonim mengatakan... 15 April 2013 20.53

Pak..tanya dunk saya insyaAllah ingin menikah.saya lahir tanggal 29 desember 1987 dan pasangan saya 4 april 1986 weton kami masing2 apah ya pak?dan ada kecocokan tidak?tanggal yang bagus buat kami menikah tanggal berapa?

vernando mengatakan... 16 April 2013 20.20

as'salam muallaikum permisi saya mau tanya tentang weton saya dan pasangan saya ,weton saya jum'at kliwon dan pasangan saya selasa wage ,bgamana dengan hasilnya ....???apakah ada kendala bila sampai ke pernikahan,....???atas jawabannya terima kasih ,hasilnya kirim ke (vernandomubarack@gmail.com)

Anonim mengatakan... 22 April 2013 12.35

nuwun sewu pak saya tanya apabila ini senin pahing lha 2 minggunya itu senin apa ya,kemudian apabila ingin berjodohan apa cocok matur suwun oh ya ini anak pertama semua

Anonim mengatakan... 22 April 2013 12.40

assala muallaikum w.b nuwun sewu mau tanya ,apabila ni senin pahing lha 2 minggunya senin apa ya ? kemudian pabila berjodohan kira -kira baik tidak matur suwun dari yono ini anak pertama semua

Anonim mengatakan... 23 April 2013 18.31

Saya mau nanya
Rencana saya mau nikah
Kelahiran saya, senin , wage, 27 maret1989
Pasangan saya sabtu, pon, 11 maret 1989
Bagaimana ya hasil nya pak
Makasi

ali mengatakan... 24 April 2013 00.09

nama saya ali sadikin 16 agustus 1993
dan pasangan saya nariah 10 april 1995
melangsungkan pernikahan yang paling bagus bulan berapa tanggal berapa pak.

Nanda OTORANPUR mengatakan... 24 April 2013 17.43

hai.....gan
mau tanya :
saya telah baca semua artikel anda .
- sekarang saya berencana membangun rumah pada Senin legi , berdasarkan penambahan dari weton saya senin wage adalah 17(GURU) apa perhitungan sy benar Gan ??
- pada akhir bulan ini(april) dan Mei , senin legi itu jatuh pada tanggal berapa ya ??
terimakasih sebelumnya

Anonim mengatakan... 27 April 2013 18.08

salam kenal.kalau tanggal 22-4-1994 hari pasaran/wetonya apa?.hitunganya berapa?

Rusman Mencoba Teriak Aishiteru mengatakan... 5 Mei 2013 20.39

mau nanya tolong jawab yah
kalo ritual menimbun tanah itu bagaimana ??


#bales yah ...

kinurama mengatakan... 11 Mei 2013 11.56

Terima kasih informasinya..
Bagus...

buat agan-agan..mampir di site ku ya & Kasih Saran2 nya..

Klik www.kinurama.net

Trims ^_^

Anonim mengatakan... 11 Mei 2013 12.30

klo minggu pon bertemu rabu legi,, gimana gan?
masalahe masalah perhitungan jawa,, di side yang lain kog beda2.. ada yang baik ada juga yang buruk

Anonim mengatakan... 15 Mei 2013 05.05

sya 16 mei 1985 n cewk 1 agustus 1992. gmn Mind? mksh

Anonim mengatakan... 17 Mei 2013 12.44

Teman saya akan melahirkan secara operasi caesar, tanggal yg diberikan dokter 12-6-2013 s/d 19-06-2013, tanggal mana yg paling bagus? Terima kasih

Anonim mengatakan... 21 Mei 2013 11.36

kl saya lahir 17 april 1992 dan pasangan sayang 01 maret 1989 bagaimana perhitunganx apakah kami bisa sampai pernikahan??

evi mengatakan... 22 Mei 2013 06.34

tlong htungkan tgl lhr sya 29 oktober 1993 dan pcr sya 06 n0vmber 1989,kira2 wt0nya apa?trz hri baik bwt mnikah hri pa? Mkch. .

Anonim mengatakan... 27 Mei 2013 02.51

bapak boleh kah saya minta tolong untuk dihitungkan kecocokan saya< saya lahir 25-01-1992 pasangan saya tgl 13-12-1981 minggu legi menurut bapak apakah saya berjodoh,terimaksih bapak

Anonim mengatakan... 3 Juni 2013 09.48

saya lahir senin wage,truz jodoh yg cocok buat saya kira2 yg bagaimana???

nia mengatakan... 12 Juni 2013 16.35

cowok 12 juli 1992 hari ahad cwe 10 maret 1992 hari selasa , itu gmna

Anonim mengatakan... 20 Juli 2013 05.26

Saya mau tanya , jika calon istri saya lahir jumat pon 19 juli 1991 dan suami lahir sabtu wage 24 desember 1983
, berapa hasil nya , dan kapan harus menikah , mohon di jawab , terimakasih

Anonim mengatakan... 5 Agustus 2013 04.36

Lek saya lagir hari senin pon. Kira kira jodoh saya yg cocok yg lahir hari apa ya?

yanti mengatakan... 14 Agustus 2013 20.50

SAYA MAU TANYA..TGL LAHIR wanita 26 agustus 1991 DAN PSANGAN laki2 10 oktober 1987..MENURUT DARI SEGALA PERHITUNGAN,APAKAH KAMI COCOK JIKA AKAN MELANGSUNGKAN PERNIKAHAN?
TLONG dijwab lengkap. makasih

Anonim mengatakan... 15 Agustus 2013 00.25

mas,saya mau nanya nih,.,.
kalo lahirnya tanggal 12 maret 1994 wetonnya apa yah ????

Anonim mengatakan... 15 Agustus 2013 11.26

mau tanya kalo wetonya 9 desember 91 brpa ya?? cocok ga kalo sma 14 juni 91?

Anonim mengatakan... 15 Agustus 2013 12.09

kalo jam lahir berpengaruh ga ya? pagi siang malam gtu ad pengaruhnya ga? pernah denger klo lahir malam itunganya diikutin sm hari bsoknya bner ga sih??

Anonim mengatakan... 2 Oktober 2013 08.11

maaf saya mau tanya tanggal lahir saya 22-06-1994 dan pasangan saya cewek 23-12-1994!
dari sini apakah saya dan pasangan saya cocok,dan ketika cocok hari apa yang pas untuk melaksanakan pernikahan nya??

6b875e6a-3ba6-11e3-80d4-000f20980440 mengatakan... 23 Oktober 2013 12.46

stlah saya baca artikel ini, saya jd bingaung. krna sya ingin membangun rumah tangga dg lelaki yang saya cintai. .
saya kelahiran 20 maret 1992=jumat pon. .pasangan saya 29 januari 1988=jumat legi. kata org pinter dikampung, mnrut kitab, kurang bagus. n stlah mnikah ada pantangan makanan (yg tdk boleh dimakan). apa yg harus saya lakukan? tolong balasan a. .
:)

Anonim mengatakan... 27 November 2013 15.17

sy mau tnya, tgl lhr sy 24 april 1991, pcar sy 11 juni 1990, menurut perhitungan bgmna ya, bsa lnjut atau tdak

Anonim mengatakan... 6 Desember 2013 19.52

maaf sy mau tnya, sy lahir pd jumat pahing dan calon pasangan sy minggu legi, Insyaalloh thn 2014 mau melaksanakan pernikahan, menururut anda lbih baik di bulan syawal ato besar, krna itu bulan pilihan dr keluarga, mengenai hari nya baik nya di hari apa min? mksh

nungki suwoto mengatakan... 11 Januari 2014 18.03

kalo kelahiran saya 28 juni 1990,,sedangkan pasangan saya kelahiran 7 mei 1986,, gitu hitungan nya bagamaimana?? kira-kira cocok atau tidak?? terima kasih..

Hyoga mengatakan... 26 April 2014 23.35

saya kelahiran tgl 23 Oktober 1985, sedangkan pasangan saya tgl 9 April 1994, minta dihitungkan donk, baik ap ndak yaa,,, terima kasih.

adinda yanti mengatakan... 10 Agustus 2014 05.24

Assalamualaikum
Saya kelahiran minggu pon(12)
Calon kelahiran selasa kliwon(11)
Baikkah itu?? Coz sudah hubungan 5tahun tp selalu cek cok terus,mohon nasehatnya,terima kasih sebelumnya

Anonim mengatakan... 31 Agustus 2014 22.33

Pak, saya wanita lahir tanggal 19 nov 1987, pasangan saya lahir tgl 3 feb 1988, apakah kami cocok?
Terimakasih.

Anonim mengatakan... 1 September 2014 10.34

sy 18 12 91, psangan sy 22 06 91.. tolong hitungkan

Anonim mengatakan... 10 September 2014 17.23

pak kalo cara ngetahuin pasarannya gimana

Anonim mengatakan... 10 September 2014 17.24

pak kalo cara ngetahuin pasarannya gimana

Anonim mengatakan... 16 Oktober 2014 11.55

permisi pak mau nanya...weton saya sama suami jatuhnya 26...di sini di tulis miskin...tp waktu sblum menikah..katanya tibo Bejo...
gimana itu pak...
mohon penjelasannya...
maturnuwun

Anonim mengatakan... 17 Oktober 2014 15.24

permisi pak,, weton saya sm calon jatux 30.
gimana pak..
mohon penjelasanx...
terimakasih..

Siti Amalia Hadiarti mengatakan... 13 November 2014 07.12

Saya lahir 11 Agustus 1996 dan pacar saya lahir pada 5 Agustus 1993, apakah kami cocok?
Mohon d'jawab, min. Makasih :)

Bio Spray mengatakan... 7 Juni 2015 14.58

Mau nanya gan..
Anak saya kan lahir tanggal 27 februari..
menurut kalender jawa yang saya baca, jadinya kena hari Jumat Legi.. sehingga jumlah weton nya 11..
Tapi koq menurut para orang tua, jumlah weton anak saya itu 18..

yang benar yang mana gan ??
apa jam juga menentukan posisi nilai pasaran jawa nya ??

anak saya lahir pada jam 7 malam..

Mutma Aibi mengatakan... 19 Agustus 2015 19.29

Mau tanya kalau sy lahir 16 juni 1993 dan pasangan saya 14 mei 1993 mau menikah di akhir tahun 2015 bagusnya di tanggal berapa

Unknown mengatakan... 17 Oktober 2015 01.05

Pak mau tanya .kalau lahir pada tanggall 28 11 1993 jatuh pada hari apa dan nilai pasaran jawa ny apa?

vimax mengatakan... 23 Mei 2016 01.09

Your Article Is This Very Helpful Thanks For Sharing...!!!

actstaff.eam@gmail.com mengatakan... 16 Juni 2016 10.09

pak atau bu,

kalo cewk sama cowoknya itu sama-sama jum'at kliwon bagaimana pak atau ibu???

 
Top