Melunasi utang dengan cepat memerlukan beberapa perencanaan yang baik dan disiplin. Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda menekan pengeluaran dan jauh dari utang yang dikutip dari eHow.

Cara Melunasi Hutang dengan Cepat dan Tepat

1. Pastikan berapa banyak utang Anda

Kumpulkan semua tagihan (kartu kredit, pinjaman dan lainnya) dan tambahkan totalnya untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang utang Anda. 

Tuliskan pembayaran minimum, tanggal jatuh tempo dan tingkat suku bunga untuk masing-masing. Hubungi kreditur untuk menegoisasikan suku bunga yang lebih rendah, karena bisa menurunkan beban utang Anda.

Cara Melunasi Hutang
Cara Melunasi Hutang

2. Membuat rencana pembayaran kembali

Lakukan pembayaran minimum untuk semua kreditor Anda. Umumnya untuk bisa melakukan pembayaran dengan cepat, Anda bisa mendapatkan pekerjaan lain sebagai pemasukan tambahan.

3. Tinjau pendapatan dan pengeluaran

Tuliskan dan periksa kembali pendapatan dan pengeluaran dengan hati-hati agar bisa menutup dan membayar utang-utang Anda. Carilah kesempatan untuk menambah penghasilan, misalnya mengubah hobi menjadi kegiatan yang menghasilkan.

4. Semua penghasilan dibayarkan melunasi utang

Jika memungkinkan, membayar utang mingguan atau dua mingguan untuk mengurangi saldo rata-rata harian Anda (di mana beban keuangan didasarkan).

5. Ikuti langkah-langkah tersebut hingga Anda bebas utang

Langkah berikutnya, minimalis utang Anda sehingga bisa dibayar dengan beban kecil hingga Anda benar-benar bisa melunasinya.


Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

Jefry mengatakan... 24 November 2012 07.57

trima ksh atas saran2nya, sangar membantu sekali..

 
Top